Rektor IAIN Palopo Mencanangkan 2019 Sebagai Tahun Publikasi

Penyerahan Ucapan Terima Kasih Dari Rektor IAIN Palopo Kepada Dr. Wahyudin Darmalaksana, M.Ag Selaku Pemateri Pada Acara Workshop Strategi Penulisan Proposal Penelitian

Pusat Penelitian dan Publikasi LP2M IAIN Palopo, Jumat 12 Juli 2019 : Rektor IAIN Palopo Dr. Abdul Pirol, M.,Ag menghadiri acara Workshop Strategi Penulisan Proposal Penelitian. Dalam Sambutannya Rektor mencanangkan tahun 2019 ini sebagai tahun publikasi.

Dalam Perkembangannya IAIN Palopo memiliki cita-cita menjadi perguruan tinggi berbasis riset berskala Internasional, seiring dengan bertambahnya jumlah dosen IAIN Palopo, Rektor berharap hal tersebut dapat meningkatkan jumlah dan kualitas penelitian serta publikasi baik yang berskala nasional maupun internasional. Komitmen ini terlihat dari Profile SINTA Institut Agama Islam Negeri Palopo dalam tiga tahun terakhir (2016-2018) yang menunjukkan 12 dokumen Scopus, 690 Dokumen Google Scholar, 1673 sitasi, dan 93 Author. Prestasi ini menjadikan IAIN Palopo berada pada Peringkat 9 tingkat IAIN PTKIN Kemenag RI.

Namun demikian, usaha IAIN menjadikan 2019 sebagai tahun publikasi tentu tidak mudah kelemahan utama lebih disebabkan oleh motivasi dosen meneliti dan menulis hanya dikaitkan dengan usaha kanaikan pangkat kepegawaian.

Mengantisipasi Hal Tersebut Rektor melalui Pusat Penelitian dan Publikasi Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) terus berupaya agar sumberdaya yang dimiliki mampu mengaktualisasikan kompetensinya dalam bidang penelitian dan media publikasi baik yang berskala nasional maupun internasional yang pada akhirnya akan berkontribusi positif bagi permasalahan dan kesejahteraan bangsa.

Salah satu langkah yang dilakukan oleh PUSLITPUB LP2M IAIN Palopo adalah dengan menyelenggarakan Workshop Strategi Penulisan Proposal Penelitian. Kegiatan yang berlangsung selama 2 hari tersebut menuai apresiasi yang luar biasa dari para peserta, terlihat dari antusiasme peserta dalam mengikuti kegiatan serta dibentuknya kelompok peer review sebagai upaya pembimbingan agar artikel para dosen layak untuk dimuat pada prosiding atau jurnal scopus.

Selain dibentuknya kelompok peer review, kegiatan ini juga sekaligus menjalin kerjasama dengan UIN Sunan Gunung Djati Bandung dalam bidang kolaborasi Penelitian.

Foto Bersama Peserta Dan Pemateri Workshop Strategi Penulisan Proposal Penelitian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *