12 Dosen IAIN Palopo Berguru Proposal Penelitian Di Yogyakarta

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat (LP2M) IAIN Palopo mengutus 12 (dua belas) orang dosen untuk mengikuti Bimbingan Teknis penulisan proposal penelitian di Jogjakarta. Kegiatan tersebut berlangsung selama 7 (tujuh) hari (24-30/07/2019).

Hadir membuka acara sekretaris LP2M IAIN Palopo Jufriadi, S.s.,M.Pd didampingi oleh Kepala pusat penelitian dan publikasi Alia Lestari, S.Si.,M.Si.

Sekretaris LP2M Jufriadi menyampaikan kegiatan ini diharapkan akan melahirkan penelitian-penelitian Multidisiplin baik dari bidang sains, sosial dan humaniora serta publikasi terindex scopus. Selain itu target dari BIMTEK ini adalah diajukannya Proposal-proposal hibah penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di Tingkat Pusat. Hal ini mengingat rekam jejak penelitian dosen IAIN Palopo ke tingkat nasional masih sangat kurang dan diharapkan proposal yang telah disusun tersebut dapat bersaing dengan proposal-proposal dari PTKI lain di Indonesia, tambah Alia Lestari.

Pelaksanaan BIMTEK Penulisan Proposal didampingi oleh para fasilitator senior yang tidak hanya memberikan materi terkait penulisan proposal tetapi juga berbagi trik dan pengalaman yang telah dirasakan selama ini.

Proposal yang baik biasanya lahir dari jurnal-jurnal terbaru dengan tema yang diminati oleh penulis. Dalam penilaian proposal metode menjadi penilaian tertinggi karena itu semakin baru metode akan semakin baik. kebaruan penelitian serta relevansi penelitian terhadap islamic studies merupakan beberapa saran yang diberikan Prof Irwan Abdullah mengawali materi hari pertama BIMTEK penulisan proposal.

Narasumber yang hadir memberikan materi pada kegiatan ini adalah: Prof. Dr. Irwan Abdullah, Dr. Hasse J, M.A, Dr. Moh. Yusuf, M.A, Dr. Mustaqim Pabbajah, M.A, Dr. Saifuddin Zuhri,M.A, Drs. Muhammad Arifin, M.Hum, Ade Yamin, M.A, Intan Permata Sari, M.Hum, Vincamira Tasha Florika, dan Mirna Yusuf.

Materi yang dipaparkan pada kegiatan yang berlangsung selama 7 (tujuh) hari ini diantaranya Paradigma Penelitian sosial keagamaan, Isu-isu Strategis Penelitian Sosial Keagamaan, Desain Proposal Berstandar Nasional, Model Kualitatif dan Kuantitatif dalam penelitian, Teori dan konsep dalam penelitian, Strategi penelitian: Survey, Grounded, Case-Studies, Perumusan Masalah penelitian, Metode pengumpulan data, Proses dan model analisis data, Style of Writing Proposal, Quality Assurance Proposal Penelitian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *